SEJARAH

Program Studi Psikologi (S1) di Universitas Airlangga pertama kali berdiri dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga berdasarkan Ketetapan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6/DJ/Kep/1983 pada tanggal 12 Februari 1983. Pada tanggal 14 Maret 1990, berubah menjadi Jurusan Psikologi di FISIP Universitas Airlangga. Kemudian pada tahun 1993, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga resmi dibuka dengan turunnya SK Mendikbud RI Nomor 0372/0/1993 tertanggal 21 Oktober 1993 yang ditandatangani oleh Prof Dr. Ing Wardiman Djojonegoro.

Posisi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga saat ini telah dipandang sebagai salah satu penyelenggara Program Pendidikan Sarjana Psikologi yang terkemuka di Indonesia. Hal ini tercermin dari kedudukan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam Kolokium Psikologi Indonesia, dan yang saat ini menjadi salah satu pengurus tetap Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) bersama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Gadjah Mada.

Rencana strategis pengembangan prodi ke depan berfokus pada program internasionalisasi pada seluruh bidang Tridharma Perguruan Tinggi. Saat ini, Prodi S1 Psikologi telah melakukan kerjasama bidang pendidikan pendidikan dengan beberapa prodi dari universitas di luar negeri, antara lain dalam bentuk program gelar ganda dengan School of Psychology and Counseling, Queensland University of Technology (QUT), Australia dan program inbound-outbound student mobility dengan School of Applied Psychology, Social Work, and Policy, University Utara Malaysia (UUM), Malaysia.